08 Desember 2008

LET’S GET START!!!

Kenapa koq laundry kiloan? Mencuci baju adalah salah satu kebutuhan utama kita. For example: Nonton film bisa aja ditunda. Tapi kalo nunda nyuci baju??? Pake baju apa kita ntar? Masa mau pake kolor aja??? Oh ralat, kolornya kotor juga (hehehe…). Jadi meskipun harga BBM mahal, harga daging ayam naik, toh kita juga harus nyuci baju. Demi mencukupi kebutuhan hidup sehari – hari yang semakin mahal, masyarakat dituntut bekerja lebih keras. Kalo biasanya seorang istri cukup jadi ibu rumah tangga, maka saat ini seorang istri juga banyak yang bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga(sorry, no offense for carrier woman). So, kalo bapak kerja, ibu kerja, yang nyuci siapa doooong??? Disitulah laundry kiloan hadir untuk memecahkan masalah! Serius lho!!! Selain mahasiswa (yang rata – rata memang males nyuci), banyak pelanggan laundry saya yang dari kalangan rumah tangga seperti yang dijelaskan di atas. Jadi, pasar laundry kiloan yang cukup potensial untuk dibidik adalah:

  1. Tentu saja mahasiswa (wajib hukumnya)

  2. Kalangan pekerja yang tidak punya cukup waktu luang (for example: pekerja rumah sakit, tentara/ polisi, pekerja pabrik, dan lain – lain).

Malas ah buka laundry kiloan. Kan banyak saingannya? Waduh, susah juga menjawab pertanyaan yang kaya gini. Setau saya, persaingan sudah jadi hukum wajib di rimba perbisnisan. Kalau gak mau saingan, ya jangan buka usaha sendiri. Simpel aja koq. Tapi tetap ingat, bukan berarti gak apa – apa buka laundry kiloan di pinggir jalan yang tiap 10 meter ada laundry kiloannya. Bisa juga sih, tapi perlu kreativitas yang tinggi serta modal yang cukup kuat untuk bersaing straight seperti itu. Carilah ceruk pasar dimana masih jarang saingan. Masih banyak koq… tinggal kejelian serta kesabaran kita untuk mencari lokasi strategis yang cocok buat usaha ini. So, tunggu apa lagi??? LET’S GET START!!!

Apa sih yang pertama dibutuhin untuk membuka bisnis laundry kiloan??? Ya jelas duit lah… hari gini bisnis gak pake modal??? Jujur saja, laundry adalah salah satu bisnis yang butuh modal cukup besar di awal untuk usaha sekelas.nya. Tapi yang menjadi kelebihannya adalah bisnis ini tidak memerlukan perputaran uang yang relatif besar pada saat pengelolaannya (orang jawa bilang: gak butuh kulakan). Laundry kiloan hanya butuh biaya operasional seperti gaji pegawai, bahan (deterjen, pelembut, pewangi, kemasan), biaya listrik (yang berbanding lurus dengan omset kita. Dengan kata lain, semakin besar omset maka semakin besar biaya listrik. By the way… kalo omset lagi sepi, biaya listrik kan juga ikut kecil…) dan biaya lain – lain. Untuk rincian modal awal dan biaya operasional akan kita bahas di posting saya selanjutnya. So… stay tune…

0 komentar: