08 Desember 2008

JANGAN JADI PENGUSAHA!!! (OPINI PRIBADI)

Banyak sekali orang yang ingin membuka usaha sendiri (menjadi pengusaha). Entah itu seorang fresh graduate, pensiunan ataupun seorang pekerja yang sudah bosan dimarahi bosnya. Mereka terinspirasi oleh banyaknya pengusaha Indonesia yang berhasil seperti Purdi Candra, Bob Sadino, dll. Berbekal modal dan keberanian, mereka akhirnya menjadi seorang pengusaha seperti yang mereka impi – impikan. Setelah berjalan sekian waktu, ternyata hasil menjadi seorang pengusaha tidak sebanyak pada waktu mereka bekerja dulu. Akhirnya mereka frustasi, menutup usaha mereka dan kembali bekerja di perusahaan milik orang lain. Kesimpulan yang mereka buat: JANGAN JADI PENGUSAHA!!! Mendingan kerja sama orang lain saja, hasilnya lebih besar dan tanpa resiko.

Menurut saya, pendapat mereka 100% benar! Lho, penulisnya koq malah setuju? Gimana nggak benar? Ketika mereka bekerja di perusahaan milik orang lain, mereka mendapatkan gaji 2,5 juta perbulan. Tapi ketika mereka memutuskan menjadi pengusaha, jangankan menerima 2,5 juta, 1 juta saja sudah untung – untungan. Make sense banget kan? Ngomong – ngomong, mereka sudah jadi pengusaha berapa lama? Yaaa, lumayan lah. Sudah lima bulan. Nah lho… silahkan disimpulkan sendiri.

Kalau anda pernah membaca profil para pengusaha sukses itu, pastilah disitu dituliskan tentang masa suram yang mereka alami. Ada yang jadi tukang minyak keliling, Drop Out kuliah (You know who he is…), nggak dapat kerja bertahun – tahun, usahanya rugi, dikucilkan keluarga bahkan diusir dari rumah dan masih banyak lagi. Mereka semua mengalami titik terendah dalam kehidupan mereka. Pengusaha – pengusaha sukses tersebut punya satu masa dimana mereka tidak memiliki uang sama sekali. Pertanyaan saya adalah: Beranikah anda mengalami hal – hal seperti itu? Pertanyaan saya berikutnya: Beranikah anda bangkit dari keterpurukan tersebut?

Seorang calon pengusaha harus menyiapkan mental untuk tidak punya uang sama sekali, dicemooh orang – orang yang mereka cintai dan masih banyak lagi hal – hal mengerikan lainnya. Banyak pengusaha pemula yang tidak tahan dengan fase awal, dimana mereka harus berjuang keras untuk bisa bertahan hidup. Mereka hanya terbuai oleh indahnya cerita sukses para pengusaha tersebut. Tapi ketika mereka dihadapkan pada fase cobaan itu… mereka kaget, shock dan tidak berusaha bangun dari kekagetannya itu. Mereka lupa bahwa kesuksesan adalah sebuah proses panjang, berliku dan menyakitkan. Bukannya hasil instant yang bisa didapat dalam waktu cepat.

Jadi siap – siaplah anda semua yang ingin jadi pengusaha. Siaplah untuk tidak punya uang sama sekali. Tapi jangan lupa, beriap – siaplah juga untuk punya uang banyak melebihi dari teman - teman anda yang bekerja di perusahaan/ instansi milik orang lain, keinginan anda terwujud, dikelilingi oleh orang – orang yang mencintai anda dan masih banyak lagi hal – hal indah lainnya. Kesimpulannya: Kalau tidak ingin mengalami hal – hal seperti yang saya ceritakan di atas, JANGAN JADI PENGUSAHA!!!. There… I say it three times in this post.

0 komentar: